News & Activities

TAI SUI, SAN SHA, SUI PO, WU HUANG

Dalam praktek Feng Shui dikenal beberapa wilayah tabu yang disadari atau tidak, dapat mengakibatkan kejadian buruk bagi yang melanggarnya. Wilayah tabu tersebut dikenal dengan istilah Tai Sui (Grand Duke of Yupiter), San Sha (Tiga Pembunuh), dan Sui Po (Tahun Kemarahan Tai Sui). Selain itu, ada lagi satu wilayah berbahaya yang dikenal dengan istilah Five Yellow atau Wu Huang (Lima Kuning).

TAI SUI

Biasanya menempati lokasi zodiak, shio tahunan dalam kalendar Tiongkok. Misalnya tahun 2018 dikenal sebagai tahun anjing, berlokasi di barat laut. Aktivitas normal tidak akan mengganggu, tetapi bila aktivitas di luar normal seperti renovasi, perbaikan dapur dan mengecat dilakukan, maka akan mengakibatkan kesialan.

SAN SHA

Aktivitas yang merupakan pelanggaran di sini adalah menggali fondasi, mengecat, memindahkan barang berat, memaku dinding, renovasi dan duduk membelakangi arah. Efek minornya bila dilanggar adalah kehilangan uang dan dikhianati teman, Efek mediumnya bangkrut dan kecelakaan, dan terakhir efek beratnya yaitu kecelakaan parah.

SUI PO

Berlokasi kebalikan dari Tai Sui. Misalnya tahun ini Tai sui berlokasi di barat laut, maka Sui Po di tenggara. Aktivitas yang merupakan pelanggaran adalah menyangkut renovasi atau penggalian fondasi. Berlokasi di pintu utama, yaitu membuka dan menutup pintu juga dikategorikan sebagai pelanggaran.

WU HUANG

Dikenal sebagai lokasi paling berbahaya di rumah. Bila berlokasi di pintu utama, tidak diperkenankan melakukan renovasi dalam bentuk apapun terhadap keseluruhan rumah. Efek yang ditimbulkan bila dilanggar adalah bangkrut, kecelakaan fatal, dan mengalami kesialan selama tiga tahun.

Berat ringannya efek-efek tersebut di atas, tergantung beberapa faktor, yaitu: Saat kegiatan dilakukan. Bila kebetulan pemilihan hari baik bertepatan dengan formula matahari dalam feng shui, maka efeknya minimal.

Tetapi meskipun telah dipilih hari baik berdasarkan hitungan Kalendar Tiongkok dan tidak sesuai formula matahari, maka efeknya tetap buruk.